Secara teknik kita akan membahas representasi pengetahuan menjadi lima kelompok yaitu:
- Representasi Logika (Logic)
- Jaringan Semantik
- Bingkai (Frame)
- Naskah (Script)
- Aturan Produksi (Kaidah Produksi)
- Logika (Logic)
- Logika Proposisi (Propositional Logic)
- Logika Predikat (Predicate Logic)
- Jaringan Semantik
- Reza adalah siswa tingkat SMA di Jakarta
- Reza menonton film di bioskop daerah Jakarta
- Reza menonton film berjudul Avatar di bioskop daerah Jakarta
- Reza menonton film di Australia
- Reza kekasih Renata
- Reza bermain sepabola di kejuaraan antar SMA
- SMA memiliki klub olahraga sepabola
- Renata bermain drama di Australia
- Renata menonton sepakbola di televisi
- Film berjudul Avatar disutradarai James Cameron
- James Cameron membuat film bergenre drama di Australia
- Bingkai (Frame)
- Frame name
- Attributes (slots)
- Values (subslots)
- Bersin
- Pusing
- Demam
- Ultraflu
- Mixagrib
- Naskah (Script)
- Kondisi input, merupakan kondisi yang harus dipenuhi sebelum kejadian terjadi
- Track/Jalur yaitu variasi yang mungkin terjadi dalam script
- Prop/Pendukung: objek pendukung yang digunakan dalam urutan peristiwa yang terjadi
- Role/Peran: orang-orang yang terlibat dalam suatu peran
- Scene/Adegan: urutan adegan dalam suatu peristiwa aktual
- Hasil: kondisi akhir yang terjadi setelah urutan peristiwa dalam script terjadi
- Calon penyewa atau penyewa telah menyiapkan uang untuk sewa
- Penjaga rental mempersilahkan masuk
- Penjaga rental memberi salam hangat kepada calon penyewa atau penyewa
- Penjaga rental menjelaskan prosedur penyewaan film
- Penjaga rental memberikan formulir pendaftaran
- Calon penyewa menunjukkan KTP
- Calon penyewa mengisi formulir pendaftaran
- Penjaga rental memberikan kartu rental
- Penyewa memilih film dalam bentuk dvd
- Penyewa memilih film dalam bentuk vcd
- Penyewa memilih film dalam berbagai genre (action, drama, comedy, horror)
- Penyewa menunjukkan film yang dipinjam
- Penjaga rental memberikan tempat atau bungkus untuk film
- Penyewa membayar uang sewa
- Penjaga rental memberikan tanda bukti penyewaan
- Penyewa meninggalkan tempat rental
- Penyewa menonton film
- Penyewa akan kembali ke tempat rental untuk mengembalikan film yang dipinjam sesuai jangka waktu penyewaan
- Penyewa merasa senang
- Penyewa merasa kecewa
- Penyewa tertawa (karena film komedi)
- Penyewa merasa sedih
- Sistem Produksi atau kaidah produksi
- JIKA premis MAKA konklusi
- JIKA masukan MAKA keluaran
- JIKA kondisi MAKA konsekuen
- JIKA data MAKA hasil
- JIKA tindakan MAKA tujuan
Logika didefinisikan sebagai ilmu untuk berpikir dan menalar dengan benar sehingga didapatkan kesimpulan yang absah.
Tujuan dari logika: memberikan aturan-aturan penalaran sehingga orang dapat menentukan apakah suatu kalimat bernilai benar atau salah.
Suatu Proposisi merupakan suatu statemen atau pernyataan yang menyatakan benar (TRUE) atau salah (FALSE). Dalam Propositional Logic fakta dilambangkan dengan simbol misalnya P, Q dan R. Lambang-lambang tersebut dihubungkan dengan relasi-relasi logika dengan menggunakan operator logika:
Gambar 1 Operator Logika |
Table Kebenaran :
Gambar 2 Tabel Kebenaran Logika |
Pada logika predikat proposisi dibedakan menjadi argumen (obyek) dan predikat (keterangan). Secara umum penulisan proposisi dalam logika predikat dapat dinyatakan sebagai berikut:
Predikat (argumen-1, argumen-2,..., argumen-3)contoh:
Proposisi: “Bu Atika mencintai Pak Agus Setiawan”
Dalam logika predikat disajikan dalam bentuk:
Mencintai (Bu Atika, Pak Agus Setiawan)
P | : | Mencintai |
Argument 1 | : | Bu Atika |
Argument 2 | : | Pag Agus Setiawan |
Gambar 3 Contoh Silsilah Keluarga |
Jika Gambar 3 silsilah keluarga di atas dibentuk dalam Representasi Logika, sebagai berikut:
Orangtua (Komarudin, Andika)Orangtua (Komarudin, Atika)
Orangtua (Komarudin, Agus)
Orangtua (Andika, Rika)
Orangtua (Atika, Anjar)
Jaringan semantik adalah gambaran pengetahuan grafis yang menunjukkan hubungan antar berbagai objek, terdiri dari lingkaran-lingkaran yang dihubungkan dengan anak panah yang menunjukkan objek dan informasi tentang objek-objek tersebut. Berikut adalah gambar untuk gambaran jaringan semantik:
Gambar 4 Jaringan Semantik |
Dari Gambar 4. jaringan semantik di atas dapat dibentuk beberapa kalimat yang menunjukkan suatu peristiwa, seperti :
Bingkai berupa ruang-ruang atau slot yang berisi attribut untuk mendekripsikan pengetahuan. Pengetahuan yang termuat dalam slot dapat berupa kejadian, lokasi, situasi, ataupun elemen-elemen lainya. Bingkai digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan deklaratif
Tiga komponen utama dari frame:Berikut Contoh Bingkai atau Frame Penyakit:
Nama Frame : Penyakit | ||
Ruang (Slot) | Isi (Fillers) | |
---|---|---|
Nama | Flu | |
Gejala |
|
|
Obat |
|
Script adalah skema representasi pengetahuan yang menggambarkan urutan-urutan kejadian (sequence of events). Script dilengkapi dengan elemen-elemen agar lebih memudahkan dalam memahami urutan kejadian.
Terdapat enam elemen script, yaitu :Judul (Track) | : | Menyewa Film |
Peran (Role) | : | calon penyewa, penyewa, penjaga rental |
Pendukung (Prop) | : | kartu rental, uang, dvd, vcd, pulpen, formulir pendaftaran |
Kondisi Input | : | Penyewa terdaftar untuk menyewa film |
Berikut Adegan-adegan kejadian dari penyewaan film di atas:
Adegan 1 : Calon penyewa atau penyewa datang ke tempat rental film
Adegan 2 : Calon penyewa mendaftar menjadi anggota
Adegan 3 : Penyewa memilih film
Adegan 4 : Penyewa membayar uang sewa
Adegan 5 : Penyewa kembali ke rumah
Hasil (Goal) : Dari kejadian-kejadian diatas maka akan didapatkan hasil sbb:
Kaidah atau sistem produksi menyediakan cara formal untuk mempresentasikan rekomendasi, arahan, atau strategi. Kaidah produksi dituliskan dalam bentuk jika-maka (if-then). Kaidah if then menghubungkan anteseden (antecedent) dengan konskuensi yang diakibatkannya. Berbagai struktur kaidah if-then yang menghubungkan obyek atau atribut adalah sebagai berikut:
Sebagai contoh dari sistem produksi di atas adalah sbb:
if
bersin-bersin dan pusing then
terserang penyakit flu
Sumber :
https://www.slideshare.net/SherlyUda/representasi-pengetahuan
http://lutfiatulm.blogspot.com/2013/03/representasi-pengetahuan.html
0 Response to "Kecerdasan Buatan - Representasi Pengetahuan"
Post a Comment